Monev Dana BOS dari Kanwil

Untuk mewujudkan Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Bos tepat guna dan sesuai aturan, tim BOS Kemenag Kota Banyumasgelar pendampingan pada Kamis (23/12) di Pondok Pesantren Ibnu Taimiyyah. Hadir Bpk Eko, Ustadz Abu Fata Wartono ( Mudir Ibtidaiyyah ), Ustadz Abu Faiz Suparno( Bendarahar BOS) dan Ustadz Abu Idris Sakif (Sekretaris Ponpes).

Eko Staff PK-Pontren dalam pengarahannya mengungkapkan bahwa pendampingan ini bertujuan agar pengelolaan BOS akurat dan akuntable. Selain itu merupakan tugas tim BOS Kemenag tk. Kota untuk memonitoring pelaksanaan dan pengelolaan Bantuan Operasional.

Tim pendampingan mulai dari memeriksa RKAM dan berbagai dokumen keuangan.  Kegiatan pendampingan terhadap penggunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) digelar rutin . Hal itu dilakukan untuk mengetahui sejauhmana akuntabilitas atas pemanfaatan dan penggunaan dana BOS tersebut.

“Tujuan pendampingan  untuk melihat dan mengetahui, apakah sekolah sudah melaksanakan tertib SPJ sesuai dengan juknis BOS,” ujar Bapak Eko.  Pembelian aset dari BOS juga perlu diperhatikan dalam pencatatan aset madrasah.  Beberapa catatan dari tim segera ditindaklanjuti oleh Kepala Pontren dan jajaran untuk segera dilengkapi untuk tertib administrasi.